Skip to main content

Posts

Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu Langsung Indonesia Sejak Reformasi

Gambar : hukumonline.com Pemilu baru saja selesai digelar serentak di Indonesia hari Rabu 14 Februari 2024. Ini adalah kesekian kalinya rakyat memilih langsung calon - calon yang "disukainya" untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden, DPRD 1, DPRD 2, DPR RI, DPD. Saya sebut calon yang disukai, bukan calon yang terbaik. Tentu saja karena seperti saya, umumnya masyarakat tidak mengenal apa - apa mengenai siapa - siapa yang ada di lembaran kertas suara. Kecuali tentu saja semua kenal untuk capres dan cawapres karena sering ada di berita TV atau merupakan pejabat daerah atau pemimpin partai atau ormas. Atau kalau caleg yang datang dari kalangan artis atau public figure. Dulu sebelum pemilihan umum langsung seperti sekarang, di Indonesia hanya memilih wakil rakyat yang duduk di DPR berdasarkan nama partai, bukan individu. Caleg yang jadi adalah sesuai dengan keinginan partai. Begitu juga Presiden dan Wakil Presiden dicalonkan oleh partai dan dipilih juga oleh partai. Tiap pemilu s
Recent posts

Naik Kapal Mewah Nan Murah Dharma Rucitra 8 Dari Surabaya Ke Lombok

Akan berlabuh di Pelabuhan Gili Mas Lombok Saya pernah sih naik kapal. Yaitu dari Surabaya ke Madura. Itu hanya satu kali dan sudah lama sekali. Dan yang lebih dari satu kali yaitu dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Mungkin tiga atau empat kali. Semua perjalanan laut yang saya tempuh tersebut hanya memakan waktu kira-kira satu jam. Nah karena saya sedang jatuh cinta dengan Lombok maka saya punya keinginan untuk ke sana lagi dengan naik kapal laut. Perjalanan pertama saya ke Lombok pertama kali yaitu pada Maret 2022 menggunakan pesawat terbang. Bisa dibaca disini .  https://www.dewisavitri.com/2023/11/menikmati-perjalanan-damri-dari-bandara.html Beberapa orang heran kenapa berlama-lama 20 jam naik kapal ke Lombok sedangkan ada pesawat terbang yang hanya 1 jam. Saya jawab saja, sudah pernah naik pesawat dan kali ini coba naik kapal. Dan tentu saja ide naik kapal ke Lombok seingat saya sudah lama sekali terbit yaitu ketika ada kapal Legundi dengan tarif Rp.7

Pengalaman Mengganti ATM BCA Xpresi Yang Expired

Bulan Desember 2023, kartu ATM BCA Xpresi saya akan expired. Karena tidak mau ada masalah nantinya, saya merencanakan untuk mengganti kartu ATM tersebut di cabang BCA terdekat. Sebelum ke kantor cabang BCA saya mencari informasi dulu tentang penggantian kartu ATM ke nomor WhatsApp official Halo BCA yaitu 0811-1500-998. Sebagai pembuka sapaan saya ketik “Halo BCA”. Dan dibalas otomatis dengan ucapan “Selamat datang di WhatsApp Official BCA” disertai dengan menu untuk dipilih berdasarkan keperluan saya. Ada menu Promo, Informasi, Pengajuan Kartu Kredit, FAQ, dan Chat CS Halo BCA. Maka saya pilih Chat CS Halo BCA. Saya menanyakan apakah saya bisa mengganti kartu ATM BCA Xpresi saya yang expired bulan Desember sedangkan saat ini masih bulan November. Dan dijawab oleh CS bahwa penggantian bisa dilakukan di cabang terdekat dengan membawa E-KTP dan ATM. Proses penggantian kartu ATM karena expired tidak dikenakan biaya alias gratis. Hore… Tanggal 30 November 2023 saya ke cabang BCA ter

Yuk! Healing Seru Dan Menikmati Keindahan Karimunjawa

Tulisan kali ini tentang liburanku ke Kepulauan Karimunjawa ya.  Aku kesana berdua sama adik pas libur lebaran 2012. Baiklah perjalanan dimulai dari terminal Bungurasih, dimana bus yang aku naiki untuk menuju Jepara awal berangkat di terminal itu. Setelah parkir sepeda motor menginap di Bungurasih kami langsung menuju tempat tunggu bus. Oya bus yang langsung ke Jepara hanya ada satu bus yaitu Bus Indonesia. Keberangkatan jam 20.00. Tips buat kamu kalau naik bus ini kalau sudah dekat jam keberangkatan datangi aja bus ini di tempat parkir karena kalau cuma nunggu aja kemungkinan bus sudah penuh ketika datang ke terminal keberangkatan. Bus Indonesia berangkat ke Jepara tepat pukul 20.00. Tarifnya Rp.90.000 harga lebaran. Kalau hari biasa Rp.65.000. Di Tuban bus ini berhenti untuk menjamu penumpang dengan makan. Terus terang aja makanannya rasa biasa aja. Di bawah standar lidahku lah. Setelah makan bus melaju lagi. Kira kira pukul 02.00 bus tiba di terminal Jepara. Terminal Jepara puku

Berkeliling Bali Dari Ubud, Pantai Sanur Dan Pantai Padang-Padang

Alhamdulillah keinginan mengajak liburan keluarga ke Bali terlaksana di bulan Desember 2012. Dengan tiket pesawat promo Surabaya – Denpasar tidak diperlukan rupiah dalam bilangan juta untuk 4 orang. Tiket terjangkau dapat menyenangkan keluarga pula. Bonus dobel deh. Hari pertama tujuan kami adalah ke Ubud. Kami belum pernah kesana dan apa saja yang ada disana semua hanya kami baca melalui blog para traveller. Menurut beberapa blog yang saya baca letaknya memang cukup jauh dari penginapan kami di daerah Kuta. Tapi karena belum pernah kesana jadi kami tidak punya gambaran seberapa jauh yang bisa dirasakan. Dan ketika dijalani ternyata memang benar – benar jauh. Sekitar 3 jam perjalanan dengan sepeda motor yang kami sewa dari Kuta. Pantas saja pemilik penginapan kami terkejut sambil berteriak “Ha! Mau ke Ubud?”   ketika kami mengatakan hendak kesana. Tapi perjalanan jauh tersebut tidak saya sesali. Suasana Bali yang berbeda dari Surabaya seolah jadi hiburan tersendiri di tengan teri

Naik Bus Dari Surabaya Menuju Jepara Dan Kepulauan Karimunjawa

Lebaran 2012, di waktu itulah aku berdua adik menghabiskan masa libur di Pulau Karimunjawa. Berangkat di hari kedua lebaran dengan naik bus Indonesia dari terminal Bungurasih. Bus Indonesia adalah satu – satunya bus yang melayani Surabaya – Jepara. Bus berangkat pukul 20.00 dan sampai di terminal Jepara pukul 02.00. Masih gelap. Sepi sekali di terminal Jepara. Tapi kami tak merasa takut sedikitpun meskipun cewek berdua saja. Pak sopir bus berinisiatif membangunkan tukang becak motor yang juga pemilik warung di terminal. Lalu kami diantar ke homestay Kota Baru, penginapan yang sudah kami booking. Penjaga homestay terpaksa bangun dari tidurnya karena membukakan pintu untuk kami hehehe… Akhirnya kami beristirahat dulu sebelum besok melihat – lihat suasana kota Jepara terlebih dahulu sebelum berangkat ke Karimunjawa lusa. Homestay kami ternyata ada di dalam Kawasan Wisata Pantai Kartini. Kami baru menyadari ketika bangun tidur sudah terdengar ramai sekali. Melihat ke bawah (kami tidu

Cara Memilih Nomor Kursi Posisi Berhadapan Di Kereta Api Indonesia (KAI)

Saya sangat suka naik kereta api. Baik sendiri atau bersama keluarga. Nyaman, dingin, tidak terganggu pedagang asongan, dan tepat waktu, menjadi alasannya. Apalagi Kereta Api Indonesia (KAI) sejak tahun entah berapa mempunyai sistem pengaturan tempat duduk yang sangat baik. Berbeda dengan dulu yang saya ingat tidak ada pengaturan nomor tempat duduk, jadi penumpang harus rebutan agar bisa duduk dengan nyaman. Meskipun senang naik kereta api,   saya tidak pernah mencoba untuk naik kelas lain selain kelas ekonomi. Alasannya tentu harga. Saya mungkin bisa bayar kelas kereta diatas kelas ekonomi, tapi saya pikir buat apa. Menurut beberapa orang alasan kenyamanan dan kualitas tempat duduk kelas eksekutif dan bisnis lebih baik daripada tempat duduk kelas ekonomi. Tentu saja, harganya saja beda. Mungkin suatu saat saya akan coba kelas eksekutif atau bisnis. Semoga saja hehe.. Tempat duduk kereta api kelas ekonomi biasanya mempunyai aturan penomoran kursi A,   B,   C,   D,   E dimana ABC